Belajar Parenting sebelum menikah – Salah satu faktor kesiapan seorang pasangan sebelum menikah adalah memahami ilmu parenting.

Menjadi rahasia umum, jika hal yang diinginkan setiap pasangan setelah menikah adalah memiliki momongan. Inilah yang menuntut calon orang tua untuk memiliki pola asuh anak yang baik.

Pentingnya Ilmu Parenting Bagi Pasangan Sebelum Menikah dan Manfaatnya

Saat ini metode parenting untuk setiap pasangan sebelum menikah menjadi perhatian publik. Salah satu alasannya, karena banyak kasus pasangan muda yang menelantarkan anak karena ketidaksiapan mentalnya. 

© pexels

Jika menilik dari segi manfaatnya, konsep ini sangat penting. Karena pola asuh yang benar akan menjadi bekal anak – anak hingga dewasa.

Lantas apa saja keuntungan yang orangtua dapatkan ketika belajar ilmu parenting yang benar? Berikut ringkasannya:

Mendukung Kesiapan Mental Orang Tua

Bagi pasangan muda, memiliki anak adalah hal baru. Tidak jarang akan ada masalah yang silih berganti dan secara umum tidak dapat diprediksi.

Ilmu parenting sebelum menikah penting untuk pasangan miliki guna mendukung kesiapan calon orang tua untuk menghadapi ujian bahtera rumah tangga.

Menghindari Dualisme Pendapat Antar Orang Tua

Terkadang tanpa sadar banyak orang tua beradu pendapat langsung di depan anak. Perbedaan pendapat ini lumrah karena setiap orang memiliki kecenderungan berpikir tersendiri.

Jika masalah ini terjadi, maka sebisa mungkin jangan lakukan dualisme pendapat di depan anak. 

Mendukung Terciptanya Generasi Unggul

Mungkin Anda tidak asing dengan kasus broken home yang berdampak besar bagi perkembangan mental anak. Sehingga, banyak anak dari hubungan tidak harmonis orang tua ini menjadi pribadi yang tidak memiliki arah. Terjerumus dalam pergaulan bebas hingga kecanduan terhadap obat terlarang. 

Ilmu parenting sebelum menikah menjadi landasan utama orang tua untuk menciptakan generasi unggul yang memiliki adab dan etika untuk menjadi penerus bangsa.

Baca Juga : 23 Pelajaran Etika Anak Terhadap Orangtua yang Harus Diajarkan

Memiliki Pengetahuan Khusus untuk Masa Perkembangan Anak

Bagi calon pasangan yang akan menikah, mengetahui tahapan perkembangan anak adalah faktor cukup krusial. Apa yang Anda ajarkan kepada anak sejak dini akan membekas hingga mereka dewasa.

Dengan pengetahuan khusus, maka ilmu mengenai masa pertumbuhan dan perkembangan anak lebih terjamin.

Menilik dari uraian sebelumnya, dapat kita dapat menyimpulkan bahwa pola asuh anak atau ilmu parenting sebelum menikah sangatlah penting.

Sehingga tidak heran jika aspek ini menjadi komponen utama yang harus pasangan miliki sebelum menikah. Tidak hanya untuk buah hati, namun juga memberikan dampak positif bagi calon orang tua.

Categorized in: