Kemudahan Mendidik Anak di Zaman Digital – Percaya tak percaya, banyak kemudahan mendidik anak di era digital. Benar, tantangan di zaman serba internet ini memang juga besar.

Kecanduan media sosial hingga potensi kejahatan online bisa memosisikan anak dalam kondisi rentan.

Bahkan sebuah studi di Amerika yang dilakukan Pew Research mengungkapkan fakta bahwa 64% remaja AS pernah mengalami cyberbullying.

mudahnya mendidik anak di era digital
© wikimedia

Akibatnya tentu tak main-main. Korban cyberbullying acap mengalami berbagai masalah termasuk kesulitan tidur dan kepercayaan diri yang rendah.

Kemudahan Mendidik Anak dipesatnya Era Digital

Namun demikian, di balik berbagai hal negatif tersebut, digitalisasi dunia ternyata juga memberikan banyak keuntungan bagi orangtua.

Lantas, apa saja keuntungan parenting di zaman serba digital? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Akses Ilmu yang Terbuka Lebar

Beberapa tahun lalu, untuk mendapatkan informasi ilmu parenting sangatlah butuh usaha. Orangtua harus membeli buku sampai mengikuti berbagai seminar khusus yang diadakan di waktu tertentu.

Namun saat ini, para orang tua dapat mengakses tentang ilmu parenting begitu mudah dengan mendapatkan melalui internet. Bahkan tak jarang, berbagai ilmu tersebut bisa didapatkan dengan gratis.

Orangtua bisa membaca artikel online, menonton tips parenting via Youtube, membeli e-book, hingga mengikuti seminar online oleh pakarnya langsung melalui daring.

Media Belajar Anak yang Lebih Beragam

Selain akses ilmu parenting yang terbuka lebar, media belajar anak juga semakin beragam. 

Media-media tersebut bisa mendukung upaya orangtua mengajari anaknya tentang berbagai disiplin keilmuan.

Orangtua bisa mengandalkan video pembelajaran di Youtube, aplikasi khusus untuk belajar sains, hingga bacaan berkualitas untuk meningkatkan literasi anak.

Berbagai media pada umumnya mengemas materi itu dengan menarik sehingga buah hati tidak akan cepat bosan.

Ketersediaan Berbagai Alat Tracking

Manfaat mendidik anak di era digital berikutnya tak bisa dilepaskan dari keberadaan alat tracking.

Alat seperti ini memiliki 2 fungsi sekaligus. Pertama, untuk memastikan keselamatan anak, dan kedua untuk memantau aktivitas buah hati.

Jenis alat tracking sendiri beragam dari aplikasi ponsel sampai smartwatch. Orangtua bisa memakaikan alat tersebut untuk mengingatkan anak tidak pergi bermain-main saat harus belajar.

Tak Terbatas Jarak dan Waktu

Tak sedikit para sebagian orang tua yang harus bekerja jauh dari rumah. Pada masa lalu, hal seperti ini bisa memutus komunikasi anak dan orangtua.

Namun saat ini, hambatan jarak dan waktu sudah bisa bukan masalah besar lagi dengan bantuan teknologi komunikasi yang canggih.

Katakanlah, orangtua harus ke luar kota untuk mengikuti agenda kerjanya. Namu saat malam hari, orangtua tetap bisa memberikan nasehat mendidik bagi anak via video call atau zoom.

Lebih Mudah Sharing dengan Orangtua lain

Terakhir, orangtua juga memiliki wadah sharing tentang parenting dengan orangtua lainnya. 

Semisal melalui website Viva La Kids ini yang secara aktif memberikan tips-tips parenting untuk orang tua dan informasi kepada anak.

Orangtua bisa berbagi tips, minta saran, hingga curhat dengan sesama orangtua lainnya. Alhasil kualitas parenting bisa ditingkatkan. 

Level stress orangtua juga bisa menurun setelah berkeluh kesah dengan sesamanya. 

Baca Juga : 7 Dampak Buruk Akibat Anak Kecanduan Gadget, Yuk Hindari!

Terus Belajar Mendidik Anak di Era Digital

Dunia digital terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tantangan dan manfaat mendidik anak di era ini pun tak akan stagnan begitu saja.

Orangtua perlu terus mengikuti perkembangan terkini tentang digitalisasi. Jangan sampai orangtua memiliki literasi digital rendah yang membuat anak dalam kondisi rentan.

Yang perlu selalu ditekankan orangtua adalah meminimalisir hal-hal negatif di era digital sembari memaksimalkan keuntungan atau manfaatnya.

Nah, kiranya demikian 5 kemudahan mendidik anak di era digital. Semoga bermanfaat!

Categorized in: