Viva La Kids – Jangan salah, cara mendidik anak dalam Islam ternyata berlainan. Sebab, menurut Quran dan hadits, tiap jenis kelamin memiliki tugas, tanggung jawab, dan hak yang berbeda.

Dengan mengetahui perbedaan tersebut, orangtua akan memperoleh insight tentang cara parenting yang ideal. Harapannya, generasi muslim mendatang akan mampu menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai religiusitas yang mereka yakini.

© pixabay

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang bagaimana cara mendidik anak laki-laki dan perempuan dalam islam, berikut :

Mendidik Anak Laki-laki dalam Islam

Dalam Islam, laki-laki bertugas sebagai pemimpin keluarga. Karena itulah, anak laki-laki harus bisa melatih diri mereka untuk lebih bertanggung jawab, sabar, tegas, dan memiliki karakter leadership sejak dini.

Mereka juga harus punya bekal dari orangtunya tentang pengetahuan agama yang memadai karena merekalah yang nanti akan menjadi imam dalam keluarganya kelak. 

Terkait dengan aurat, orangtua bisa mengajarkan anak lelakinya untuk berpakaian dengan sopan. Mereka juga harus menjaga pandangan dari kaum hawa dan mengontrol dirinya sendiri.

Beberapa trend mengkhawatirkan yang wajib orangtua perhatikan terkait dengan pergaulan anak lelaki adalah:

  • Kebiasaan merokok. Ingatkan anak bahwa hukum merokok adalah makruh.
  • Tawuran. Selalu nasehati anak agar ia tidak ikut tawuran yang cukup menjamur di negeri kita.
  • Tontonan negatif. Anak laki-laki rentan menonton hal-hal dewasa yang tidak semestinya, sehingga orangtua perlu memberikan pengertian tersendiri.
  • Ugal-ugalan di jalanan. Anak lelaki perlu mengetahui bahwa ugal-ugalan di jalanan tidak sesuai dengan prinsip Islam karena membahayakan diri dan orang lain.

Bagaimana dengan pekerjaan rumah? Meski pekerjaan rumah identik dengan peran perempuan, namun tak ada salahnya mendidik anak lelaki agar mengerjakan hal ini.

Apalagi, orangtua bisa menanamkan disiplin ke anak dengan menyuruh mereka ikut mengerjakan pekerjaan rumah.

Mendidik Anak Perempuan dalam Islam

Dalam Islam, perempuan memiliki peran tersendiri yang juga harus mereka jalankan. Sebagai calon ibu, perempuan-perempuan muslim perlu mendapatkan edukasi agar lebih sabar, lembut, namun juga tegas.

Mereka harus memiliki ilmu yang cukup baik untuk mendidik anak, berdiskusi dengan suaminya, hingga mengatur keuangan keluarga.

Ajarkan juga anak perempuan untuk berpakaian sopan sesuai dengan tuntutan agama yang berlaku. 

Untuk berjaga-jaga, orangtua bisa mendaftarkan anak perempuan ke kursus martial art agar tidak diganggu oleh lelaki yang ingin merenggut kehormatannya.

Beberapa tantangan yang perlu orangtua diperhatikan untuk mendidik anak perempuannya adalah:

  • Makeup dan pakaian yang berlebihan. Anak perempuan rentan mengikuti trend berpenampilan yang berlebihan sehingga orangtua perlu mengingatkan mereka agar senantiasa menjaga kesederhanaan dan kesopanan.
  • Aktivitas seks di luar nikah. Yang paling dirugikan dengan aktivitas seksual di luar nikah adalah pihak wanita. Karena itu, orangtua harus mendidik anak perempuannya agar bisa menjaga diri.
  • Rendah diri dan kurang motivasi. Secara umum, anak perempuan sering merasa lebih rendah diri dibanding lelaki. Jadi orangtua harus bisa membantu anaknya agar lebih percaya diri dan bersemangat menggapai cita-cita.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini yang Sering Terjadi

Sebuah Renungan

Sejatinya penciptaan Laki-laki dan perempuan setara sebagai makhluk Tuhan. Namun keduanya memiliki peran, hak, dan tanggung jawab yang berbeda.

Islam telah mengatur hal tersebut sehingga sebagai orangtua, kita mestinya bisa mendidik anak sesuai dengan nilai-nilai yang dipercaya.

Selain itu, orangtua juga perlu “aware” atau sadar akan kerentanan anak pada hal-hal yang tak baik belakangan ini. Anak lelaki, misalnya, rentan kecanduan merokok akibat salah pergaulan. Padahal hukum merokok dalam Islam adalah makruh.

Namun pada sisi lain, anak perempuan rentan terjebak dalam hedonisme saat menggunakan makeup dan berpakkaian. Padahal menurut Islam, wanita muslim semestinya mengedepankan kesederhanaan dan kesopanan dalam berpenampilan.

Kiranya, demikianlah cara mendidik anak laki-laki dan perempuan dalam Islam. Semoga penjelasan ini bermanfaat ya.

Categorized in: