Begitu banyak keterampilan anak yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah mengasa emosional dan komunikasi pada anak.

Melihat anak yang suka di rumah sendirian dan tidak rewel mungkin menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua, beberapa diantara kita merasa anak-anak seperti ini adalah anak yang baik dan tidak menyusahkan orangtuanya. 

Namun orang tua juga perlu waspada karena bisa saja gejala ini merupakan tanda anak tidak memiliki keterampilan sosial dan emosional yang baik.

Keterampilan Komunikasi Sosial dan Emosional menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi anak untuk menghadapi masa depan.

Jika perkembangan komunikasi sosial dan emosional anak terhambat, maka ia akan mengalami kesulitan bersosialisasi di masa depan. 

Pengertian Keterampilan Komunikasi Sosial dan Emosional Pada Anak.

Keterampilan Komunikasi sosial pada anak yaitu mencakup serangkaian kemampuan anak berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Keterampilan komunikasi sosial ini membantu anak membangun hubungan yang positif, menjalin persahabatan dan berinteraksi dengan orang lain.

Sedangkan keterampilan emosional pada anak yaitu kemampuan anak yang mencakup untuk memahami, mengenali, dan mengelola emosi mereka sendiri serta berinteraksi dengan orang lain secara sehat.

Keterampilan emosional ini pada anak sangat penting untuk membentuk kesehatan mental mereka di masa mendatang.

© unsplash

Cara Mengasah Emosional dan Komunikasi pada Anak.

Kemampuan komunikasi sosial dan emosional yang baik pada anak tidak didapatkan secara natural. Namun seorang anak membutuhkan stimulus, adapun cara mengembangkan keterampilan komunikasi sosial dan emosional pada anak yaitu sebagai berikut:

Habiskan waktu lebih banyak bersama anak.

Mengajarkan anak bagaimana cara mengembangkan sosial dan emosional harus diajarkan dari rumah terlebih dahulu, para orang tua diminta untuk menghabiskan waktu bersama dan memancing stimulus anak seperti memintanya untuk bercerita, mengungkapkan emosinya dan lain sebagainya. 

Jika orangtua dan anak tidak punya waktu yang cukup banyak, hal ini bisa dilakukan di waktu-waktu senggang. Orang Tua bisa meminta anak bercerita tentang aktivitasnya selama di sekolah.

Ajak anak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Salah satu penyebab anak memiliki komunikasi sosial dan emosional yang buruk adalah tidak terbiasa melakukan aktivitas di luar ruangan.

Orangtua mengira memberikan mainan dan memintanya untuk bermain sendiri membuat sang anak dapat memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Ketika anak memiliki gejala kesulitan berkomunikasi sosial dan emosional yang buruk, ada baiknya orang tua memintanya untuk melakukan aktivitas luar ruangan, seperti bermain dengan teman sebaya.

Ketika melakukan aktivitas luar ruangan, anak akan melihat dan mengamati orang- orang-orang dengan lingkungan baru.

Kenalkan rasa Empati

Orangtua juga harus mengajarkan empati kepada anak, empati adalah merasakan apa yang dirasakan orang lain dari sudut pandang mereka.

ketika rasa empati dalam diri anak muncul, maka ia bisa menempatkan posisinya posisinya kepada orang lain. 

Empati ini juga bertujuan agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang egois namun menjadi pribadi yang tenggang rasa dan mau menolong orang lain. 

Baca Juga : Mengatasi Anak Yang Malas, Berikut 5 Tips Yang Harus Dilakukan!

Lebih dekat dengan memberi Apresiasi

Beberapa anak tidak menunjukkan emosi pada orang lain karena selama ini bisa saja ia tidak pernah mendapatkan apresiasi dari orang-orang terdekatnya sendiri.

Melatih kemapuan sosial dan emosional anak yang stabil juga dapat dilakukan dengan memberikan apresiasi  saat anak menunjukkan perilaku baik, saat orangtua melakukan hal ini dapat memotivasi anak untuk berperilaku lebih baik lagi.

Bantu anak dalam mengelola Emosinya

Hal terpenting dalam mengembangkan kemampuan emosional anak yaitu dengan cara mengajarkan anak mengelola emosinya sendiri.

Orangtua harus mengajarkan anak apa yang harus dilakukan saat senang, sedih, marah dan juga takut. Orangtua juga harus mendorong anak untuk membicarakan perasaan mereka dengan merasa nyaman tanpa takut dicela.

Categorized in: