Snack adalah salah satu makanan atau cemilan yang sangat disukai anak. Beberapa anak ada bahkan yang lebih suka makan snack daripada makan makanan seperti nasi atau sayuran. Untuk itu, Anda sebagai orang tua perlu cerdas memberikan snack yang sehat dan praktis agar anak tetap tidak kekurangan gizi.

Oleh karena itu, Menjadi orang tua memang butuh kecerdasan tersendiri, Terlebih jika anak suka jajan sembarangan. Sebagai orang tua memang tidak bisa mengawasi 24 jam anak. Beberapa yang sudah sekolah pun bisa jajan apa saja saat bersekolah. 

Memang sekolah sudah ada yang menggalakkan kantin sehat, namun hal tersebut belum sepenuhnya bisa ditemukan pada sekolah di seluruh Indonesia.

Untuk itu memberikan pengertian kepada anak agar tidak jajdn sembarangan adalah hal yang penting.

Selanjutnya jika Anda bekerja, maka Anda tidak bisa serta merta memberi anan Anda uang agar tidak rewel dan bisa membeli semua makanan yang dia suka.

Anda juga perlu memiliki waktu bersama anak dan menjelaskan bahwa ada efek-efek tertentu jika anak salah jajan. Mulai dari sakit tenggorokan, pilek bahkan batuk. 

snack anak
© pixabay

Pilihan 5 Snack kekinian untuk anak, Sehat dan Praktis!

Beberapa orang tua terkadang sampai melarang anaknya agar tidak memakan snack karena dianggap makanan yang tidak sehat. Padahal ada snack kekinian yang digemari anak, bahkan praktis dan sehat. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini :

Kentang Goreng

Ada beberapa snack yang cukup recommended untuk dikonsumsi anak-anak. Yang pertama adalah snack kentang goreng. Saat ini snack dengan isi kentang goreng sangat banyak beredar di pasaran.

Sudah jelas bahan utama dari snack sehat ini adalah kentang. Anda bisa mendapatkan snack ini dengan berbagai merek di toko atau swalayan terdekat. 

© pixabay.com

Kentang goreng sendiri mengandung antioksidan beta karoten, serat, dan vitamin yang baik untuk tubuh anak.

Selain itu, snack kentang goreng bisa membuat perut kenyang. Membelinya snack kentang goreng di sekolah atau di luar cukup baik, Anda memang perlu cermat memilih brand dari snack-snack yang beredar.

Jagung Popcorn

Snack yang satu ini tidak hanya disukai dari kalangan anak-anak namun orang-orang berumur dewasa juga menyukai ini.Snack sehat yang satu ini sangat cocok menemani kegiatan menonton atau bahkan membaca. 

© pixabay.com

cemilan atau snack yang satu ini berbahan dasar jagung. Popcorn menjadi salah satu snack yang menyehatkan dan menarik.

Namun jika popcorn sudah ditambah dengan topping dan rasa yang tidak sehat maka snack ini tidak direkomendasikan. Untuk itu Anda harus cerdas memilih snack yang satu ini.

Biskuit Gandum

Gandum mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pencernaan. Serat sendiri mempunyai sensasi mengenyangkan dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Snack berbahan sari gandum sangat bernafsu bagi kesehatan anak. 

© pixabay.com

Daripada anak jadi sembarangan, snack ini juga cocok untuk dikonsumsi. Snack kekinian dan disukai anak ini bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Anda.

Jangan lupa untuk juga mengingatkan kepada anak, jika mereka sudah suka terhadap suatu snack, tidak diperkenankan makan secara berlebihan. Hal ini berlaku pada snack apapun.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak di Zaman Millenial

Kacang-kacangan

Snack sehat yang disukai anak selanjutnya adalah snack berbahan dasar kacang. Snack yang satu ini sangat banyak variannya, mulai dari jenis kacangnya hingga brand-brand yang tersebar di Indonesia.

makanan cemilan yang satu ini juga banyak digemari oleh orang-orang dewasa karena rasanya yang tidak membosankan dan banyak variannya. Mulai dari kacang polong, kacang tanah, kacang mede dan lain sebagainya. 

© pixabay.com

Kacang sendiri memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya kacang tanah bisa mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, kalsium, zat besi, kalium, fosfor dan serat pangan.

Sebagai orang tua Anda pun akan lebih mudah memberikan snack yang satu ini karena jumlahnya yang banyak. Sehingga Anda bisa bervariasi atau bergantian membelikannya.

Rumput Laut

Sudah banyak diketahui bahwa rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk anak. Selain rasanya yang enak, cemilan berbahan yang satu ini memiliki rasa gurih sehingga membuat nagih. 

Rumput laut diketahui kata aisn karbohidrat, serat zat besi dan kalsium. Saat ini olahan rumput laut menjadi snack juga banyak tersebar di Indonesia. Anda bisa memilih mana yang paling disukai oleh Sang Buah Hati agar tidak bosan.

Kesimpulan

Itulah 5 snack sehat yang kekinian dan juga digemari oleh anak-anak. Sebagai orang tua Anda memang wajib cerdas dalam membelikan snack untuk anak. Karena masa anak-anak adalah masa pertumbuhan.

Categorized in: