Cara Atasi Anak Tantrum – Tantrum merupakan keadaan seorang anak yang menunjukan kemarahan berlebih bahkan terkadang tidak terkendali. Kondisi ini, melibatkan teriakan, tangisan, tendangan hingga pukulan.

Kondisi anak sering tantrum sebenarnya hal lumrah. Namun sebagai orang tua, Anda harus tahu tips atasi anak tantrum agar kondisinya tidak semakin parah.

atasi anak tantrum
© pexels

Beberapa Cara Atasi Anak Tantrum

Semua orang pasti setuju, bahwa mentalitas seorang anak belum stabil. Terkadang mereka merasa frustasi dengan sesuatu yang sebenarnya sepele. Sebagai orang tua, Anda harus peka dan dan tenang ketika menghadapinya.

Inilah beberapa tips yang bisa Ayah Bunda lakukan:

Biarkan Anak Mengekspresikan Kemarahan

Tantrum pada umumnya adalah sebuah ekspresi dengan tangisan dan teriakan yang keras. Orang tua sebaiknya membiarkan anak berteriak dan meluapkan emosinya sementara waktu. Namun tetap pantau dan pastikan jika anak tetap aman. 

Namun ada pula tantrum yang melebihi batas wajar seperti memukul diri sendiri, menendang atau kegiatan lain yang membahayakan. Jika itu terjadi, segera beri pelukan anak dan cari tahu penyebabnya.

Berikan Empati dan Hindari Membentak Anak

Ketika tantrum, hal yang sebaiknya orangtua lakukan adalah memberikan empati lebih dan mencoba memahami isi hati sang buah hati. Jangan terbawa emosi dan tetap tenang. Apalagi sampai membentak, mencubit hingga memukulnya.

Alihkan Perhatian Anak

Tips atasi anak tantrum yang wajib dicoba adalah mengalihkan perhatian anak. Anak-anak umumnya memiliki rentang perhatian cukup pendek. Ini artinya, mereka mudah tertarik akan sesuatu dan mudah teralihkan.

Ketika anak rewel minta sesuatu yang orang tua larang, sebaiknya alihkan dengan mainan lain atau sesuatu yang ia senangi.

Jangan Sering Memberikan Janji

Terkadang orang tua sering memberikan janji dan tidak ditepati. Secara tidak langsung, semua terekam di pikiran sang anak dan menjadi bom waktu yang bisa meledak. Jika tidak ditepati, maka seringkali anak menjadi tantrum. Maka hindari hal tersebut.

Sabar dan Beri Perhatian Lebih

Perilaku tantrum sering terjadi dan cukup melelahkan untuk orang tua. Terkadang ada beberapa penyebab anak berperilaku seperti ini. Salah satunya karena kurang perhatian, lelah, lapar atau merasa tidak nyaman.

Berikan perhatian lebih untuk memberikan rasa nyaman kepada anak. Sehingga, lambat laun anak akan belajar untuk mengontrol emosinya secara mandiri.

Tips atasi anak tantrum sebenarnya tidak sulit. Orang tua, wajib memahami kebutuhan masing-masing anak . Misalnya anak lapar, atau mengantuk maka berikan apa yang mereka butuhkan.

Namun ketika ada sesuatu hal yang dilarang, cobalah untuk melakukan beberapa trik seperti pada ulasan di atas. 

Baca Juga : Bingung? Hendak Memberikan Gadget untuk Anak, Simak Hal ini

Perlu adanya ketenangan, ketegasan dan konsistensi. Mengapa? Karena pembelajaran paling dini adalah dari keluarga yakni orang tua sendiri.

Sehingga apapun yang orang tua lakukan dan ajarkan akan menjadi contoh awal untuk sang buah hati.

Categorized in: