Anak suka Jajan?, Tips Anak Menghemat Pengeluarannya – Apa saja tips agar anak hemat yang benar-benar efektif? Apalagi saat ini merupakan era konsumerisme bertalian dengan teknologi digital. Bila kebiasaan boros sudah menjadi kebiasaan sejak dini, bisa-bisa anak akan memiliki kemampuan finansial buruk kedepannya.

Hal yang menakutkan semisalnya adalah belanja online yang terlalu intens hingga jeratan pinjaman online alias pinjol. Sudah banyak kasus terkait terjerat hutang pinjol karena belanja online yang tidak terkontrol.

Sebagai orangtua, tentu kita memiliki tanggung jawab agar anak tak terjerembab dalam lingkaran setan tersebut.

tips anak hemat
© pexels

Sayangnya sebuah studi dari T. Rowe Price menemukan bahwa 37% orangtua jarang membicarakan topik keuangan pada anaknya.

Topik tersebut dianggap tabu dan hanya cocok untuk orang dewasa. Alhasil, anak jadi tak mengerti pentingnya uang dan berpotensi menghambur-hamburkannya.

5+1 Tips agar Anak Hemat dan Tak Boros

Untuk memberikan pendidikan manajemen finansial yang baik, orangtua bisa menerapkan 5 kiat berikut ini.

Terapkan Critical Thinking

Pertama, ajarkan anak kemampuan berpikir kritis saat mengatur uangnya. Diskusikan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Berikan pengertian bahwasanya penggunaan uang adalah untuk kebutuhan primer dulu. Barulah setelah itu untuk bersenang-senang semisal membeli barang-barang terkait hobi mereka.

Ajak juga anak berdialog untuk membahas manfaat benda-benda yang telah mereka beli. Berikan pengertian untuk tidak menyia-nyiakan uang karena uang mereka suatu saat bisa habis. 

Ajarkan Anak Mencari Uang Sejak Dini

Tak ada salahnya melatih anak mencari uang sejak dini. Hal seperti ini akan memberikan pemahaman secara langsung bahwa mencari uang bukanlah hal yang mudah.

Misalnya, mengajari anak untuk berdagang kecil-kecilan di rumah. Biarkan anak membuat sesuatu seperti hiasan pita untuk dijual ke anggota keluarga yang lain.

Seiring pertambahan usianya, ajak juga anak untuk mencoba berdagang di sekitar tempat tinggal atau di sekolahnya.

Biasakan Anak Menabung

Menabung juga bisa menjadi tips agar anak hemat yang cukup ampuh. Kebiasaan menabung akan membuat anak bisa berpikir jangka panjang dengan uang yang dimilikinya.

Mereka akan terlatih menekan keinginan impulsif untuk membeli sesuatu. Alhasil, sikap boros dan sering jajan bisa dikurangi.

Untuk mendukung kebiasaan menabung, orangtua bisa membelikan tabungan yang lucu. Berikan juga bonus saat anak bisa menyimpan uang dalam periode yang lama. 

Ajari Kiat Membeli Barang dengan Murah

Agar anak tak boros, orangtua juga bisa membagikan tips dan trik belanja dengan harga murah. 

Cara ini akan membuat anak lebih hati-hati saat belanja dan menghindari membeli produk tanpa berpikir tentang harganya.

Misal, mengajak anak belanja saat ada cuci gudang dan diskon. Atau, perlihatkan juga cara menawar atau mencari barang dengan harga miring saat belanja di pasar.

Berikan Contoh yang Baik

Terakhir, jadilah panutan yang baik. Jangan sampai anak merasa dididik dengan keras supaya tidak boros, namun orangtuanya sendiri justru boros.

Tindakan seperti itu akan membuat anak merasa terkhianati. Akhirnya, mereka bisa diam-diam belanja dengan seenaknya untuk melampiaskan kekecewaan tersebut.

Terapkan Tips agar Anak Hemat dengan Riang!

Mengajari anak untuk hidup hemat dan tidak jajan terus-menerus merupakan hal yang krusial.

Akan tetapi, orangtua harus melakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai orangtua bersikap terlalu keras pada anak yang justru bisa membuatnya trauma.

Baca Juga : 6 Hal yang perlu diketahui Agar Anak Terbuka dengan Orangtuanya

Mendidik anak yang terlalu keras juga bisa membuat anak menentang ajaran orangtuanya secara pasif.

Mereka mungkin mengiyakan perintah orangtua saat ditegur, namun di kesempatan lain justru berperilaku sangat boros.

Berikanlah didikan finansial yang riang, memicu rasa penasaran, dan menarik. Dengan metode tersebut, anak akan menerima pesan tentang pentingnya berhemat dengan tepat.

Nah, kiranya demikian kiat dan tips agar anak hemat. Semoga bermanfaat ya. 

Categorized in: