Pengertian Kolostrum adalah merupakan salah satu bagian dari Air Susu Ibu (ASI) dan memiliki cairan berwarna kekuning-kuningan yang keluar pada hari pertama sampai hari ketiga setelah melahirkan. Kolostrum sendiri mengandung banyak zat kekebalan 10-17 kali lebih banyak bila dibandingkan dari susu matang (mature). Inilah yang menjadikan, manfaat Kolostrum sangat baik diberikan karena berfungsi untuk membentuk antibodi pada bayi.

Bahkan, Kolostrum mengandung banyak sekretori immunoglobulin A, yang berfungsi untuk melapisi saluran cerna. Hal inilah yang menjadikan kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi sampai sistem kekebalan tubuh berfungsi secara baik.

manfaat kolostrum
© pixabay

Kandungan dalam Kolostrum

Kolostrum sendiri memiliki banyak kandungan di dalamnya, seperti protein, lemak, vitamin, mineral, antioksidan, antiglobulin, sel darah putih, immunoglobulin, serta berbagai vitamin seperti B, A, C, dan E. Selain itu, Kolostrum juga mengandung imunoglobulin A, kandungan tersebut merupakan antibodi yang didapat bayi dari ibu. 

Zat inilah yang berperan sebagai antibodi dan dapat melindungi bayi dari berbagai infeksi yang mungkin menyerang. Selain itu, zat ini berperan melindungi dan melancarkan pencernaan, serta mencegah serangan bakteri dan virus pada pencernaan bayi.

Kolostrum sendiri kaya kandungan magnesium, yang memiliki fungsi mendukung pembentukan tulang dan jantung bayi. Selain itu, terdapat mineral lain seperti tembaga dan zinc yang juga dapat membentuk sistem imun bagi tubuh bayi.

Baca Juga : Pendidikan Holistik untuk Masa Depan Anak yang Cerah

Manfaat Kolostrum untuk Anak

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari Kolostrum bagi seorang anak, yang wajib Anda ketahui. Terlebih jika Anda sudah menjadi orang tua, maka apapun yang berhubungan dengan kesehatan anak adalah prioritas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Seperti yang sudah di atas, salah satu manfaat Kolostrum adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ini tak lain karena adanya kandungan zat antibodi dan sel darah putih yang mampu membentuk sistem kekebalan tubuh pada bayi. 

Zat ini memberikan perlindungan pada bayi terhadap berbagai virus dan bakteri yang ada di lingkungan. Fungsi ini memberi efek jangka panjang bagi bayi agar bisa tumbuh menjadi anak yang sehat serta kuat.

Mendukung Kesehatan Pencernaan

Kolostrum mudah dicerna oleh bayi baru lahir. Kolostrum dapat melapisi usus dengan lapisan pelindung. Lapisan ini berfungsi melindungi dari infeksi serta penyakit lainnya di kemudian hari. Selain itu Kolostrum juga mendorong pertumbuhan adanya bakteri baik. Kolostrum juga mengandung  laktoferin yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dan memiliki peran penting dalam pencernaan.

Membantu Mengeluarkan Mekonium

Mekonium merupakan kotoran pertama yang dikeluarkan bayi baru lahir. Ia adalah kotoran yang lengket, kental serta berwarna kehitaman. Sisa-sisa metabolisme saat bayi masih di kandungan perlu dikeluarkan oleh bayi setelah ia dilahirkan. Untuk itu adanya Kolostrum bisa memberikan efek laksatif sehingga bisa membantu bayi mengeluarkan kotoran tersebut serta berbagai zat tubuh berbahaya dari tubuhnya.

Mencegah Bayi Kuning (Jaundice)

Manfaat Kolostrum untuk bayi yang selanjutnya adalah mencegah bayi kuning. Jaundice atau kuning pada bayi adalah hal yang cukup umum dan wajar terjadi pada bayi baru lahir. Penyebab penyakit kuning adalah peningkatan kadar bilirubin dalam darah dikarenakan fungsi organ hati (lever) bayi belum bisa optimal untuk menyaring racun. Nah, bayi yang minum susu colostrum dapat membantu mencegahnya dari penyakit kuning dengan cara mengeluarkan mekonium.

Membantu Perawatan Bayi Prematur

Pemberian Kolostrum juga bisa mendorong pertumbuhan yang sehat pada bayi prematur. Ini dikarenakan bayi yang lahir prematur butuh perawatan ekstra bila dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan. 

Terlebih, mayoritas bayi prematur mempunyai berat badan lahir lebih rendah daripada seharusnya. Dengan mengkonsumsi colostrum inilah, bayi bisa terlindungi dari infeksi yang menyerang pencernaan dan paru-paru.

Mendukung Pertumbuhan Organ-Organ Bayi

Kandungan nutrisi yang banyak pada susu Kolostrum ternyata sangat bermanfaat dalam menyempurnakan fungsi organ-organ vital bayi. Contohnya kandungan protein yang tinggi dalam colostrum bisa membantu penyusunan sel-sel.

Sehingga, organ-organ di dalam tubuh seperti jantung dan mata, agar bisa berkembang dengan baik. Selain itu, cairan tersebut juga mempunyai kandungan asam amino untuk mendukung perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Kesimpulan

Manfaat Kolostrum sangat banyak untuk anak khususnya saat usia masih bayi. Kolostrum perlu dikonsumsi untuk bayi agar tumbuh kembangnya sehat. Jika bayi bisa tumbuh dengan sehat maka kemungkinan pertumbuhan anak nantinya juga akan sehat dan kuat.

Categorized in: