Orang tua bertanggung jawab atas segala kebutuhan anak-anaknya, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sandang dan pangan. Namun orang tua juga harus pandai memilih produk yang ramah lingkungan untuk anak, jangan sampai kita salah memilih produk dan membahayakan anak sendiri.

Untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi, ada baiknya orangtua memilih produk ramah lingkungan bagi anak.

Produk ramah lingkungan yaitu produk yang diproduksi untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan alam dan sumber daya alam.

ramah lingkungan untuk anak
© pixabay

Cara Mengetahui Produk Ramah Lingkungan untuk Anak

Lalu bagaimana cara mengetahui produk tersebut ramah lingkungan untuk anak. Berikut penjelasannya :

Memeriksa label produk

Label dalam sebuah produk bisa dijadikan sebagai patokan apakah produk tersebut ramah lingkungan atau tidak. Label produk biasanya dapat memberikan informasi penting kepada konsumen. 

Produk ramah lingkungan memiliki standar tersendiri untuk memastikannya konsumen khususnya orang tua dapat mengecek label tersebut di setiap produk yang dibeli, produk ramah lingkungan biasanya memiliki tulisan “eco-friendly, sustainable dan lain sebagainya”

Mengenal material ramah lingkungan

Cara mengetahui suatu produk ramah lingkungan pada anak atau tidak adalah mengenal material produk itu sendiri.

Material yang tidak dapat didaur ulang biasanya adalah produk yang tidak ramah lingkungan bahkan bisa mencemari lingkungan.

Beberapa produk yang ramah lingkungan adalah seperti produk yang terbuat dari bambu, kayu dan kain organik.

© unsplash.com

Namun tidak semua bahan yang disebutkan juga ramah pada anak, oleh sebab itu orangtua berperan penting dalam memilih produk yang diberikan kepada anak-anak mereka.

Bahan aman dan tidak beracun

Sebagai orangtua, kita harus memastikan barang yang digunakan anak merupakan bahan yang aman dan tidak beracun.

Jika orangtua diharuskan menggunakan bahan yang tidak aman seperti desinfektan, ada baiknya menjauhkan barang-barang tersebut dari jangkauan anak-anak.

Review dan Pengalaman konsumen lain

Sebelum membeli sebuah produk, ada baiknya orang tua membaca review pengalaman konsumen lain terlebih dahulu. Membaca dan mereview pengalaman konsumen dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang suatu produk tersebut apakah ramah lingkungan atau tidak.

Pertimbangan umur pakai dan daur ulang

Cara mengetahui apakah suatu produk aman untuk anak atau tidak yaitu dengan mempertimbangkan umur pakai dan daur ulang suatu produk itu sendiri.Saat membeli produk yang memiliki umur pakai yang lama, produk yang digunakan tersebut biasanya menciptakan limbah yang lebih sedikit dibandingkan dengan umur pakainya yang singkat.

Sementara saat membeli produk tidak habis pakai, orangtua harus mempertimbangkan apakah produk tersebut bisa didaur ulang, jika tidak apa resiko yang harus diterima. 

Pertimbangan pengaruh kesehatan terhadap anak

Cara paling ampuh mengetahui suatu produk ramah lingkungan atau tidak yaitu dengan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap kesehatan anak itu sendiri.

Orang tua harus bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia atau zat berbahaya yang tidak berbahaya bagi kesehatan anak.

Baca Juga : 5 Snack Yang Digemari Anak Kekinian, Sehat dan Praktis!

Beberapa anak juga memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap suatu produk, sehingga produk tersebut dapat membahayakan kesehatannya, jadi sebelum membeli produk tersebut ada baiknya orang tua mengetahui apakah seorang anak memiliki alergi tertentu. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah suatu produk ramah lingkungan atau tidak kepada anak.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, orangtua dapat membuat keputusan yang lebih informasional  mengenai suatu produk apakah produk tersebut aman atau tidak untuk anak-anak mereka.

Categorized in: