Nasihat agar anak mau berpuasa – Sebagai umat muslim, menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban. Itulah sebabnya, mengapa para orang tua harus melatih anak untuk melakukan ibadah ini sedini mungkin.

Ada beberapa nasehat bermanfaat yang bisa membuat anak bisa semangat mau berpuasa.

Mungkin terasa berat untuk anak-anak mulai berlatih puasa. Karena harus menahan lapar dan haus selama seharian penuh. Sehingga menciptakan semangat, sedikit sulit karena badan terasa lemas.

Meski begitu, jika sudah terbiasa lambat laun anak-anak akan mendapatkan berkah dari ibadah puasa.

anak mau berpuasa
© pexels

Yuk Cari Tahu Tips Menarik Agar Anak Semangat Puasa

Jika para ibu dan ayah kesulitan mengajak anak belajar berpuasa, sebaiknya simak ulasan berikut.

Di bawah ini adalah sejumlah tips memberi nasihat agar anak mau berpuasa dan bersemangat menjalani ibadah tersebut. Yuk, langsung saja!

Nasehati dengan Lemah Lembut

Pertama-tama, pastikan Anda menjaga nada bicara saat memberikan nasehat. Pasalnya, anak mungkin akan tertekan jika mendapatkan nasihat yang nadanya seolah marah.

Mereka akan merasa terpaksa sehingga berpuasa bisa jadi hanya akan dilakukan saat Anda mengingatkannya.

Pastikan Memberikan Opsi pada Anak

Bila anak Anda belum benar-benar paham mengenai puasa, pastikan memberikan pemahaman terlebih dulu. Misalnya bagi anak yang baru berusia 4 tahun atau 5 tahun. Setelah memberi pemahaman, Anda juga bisa memberi opsi pada anak.

Apakah dia ingin belajar berpuasa setengah hari atau sampai magrib. Anda bisa menyesuaikan kemampuan anak dengan waktu yang tepat. 

Buat Rencana dengan Anak untuk Mengisi Waktu selama Puasa 

Biasanya anak-anak akan menyukai tawaran berupa kegiatan yang menyenangkan. Jadi, Anda juga bisa memberikan hal tersebut sebagai nasihat untuk anak agar mau berpuasa.

Contoh sederhana seperti mengajaknya ngabuburit dan membeli takjil di pasar jika berhasil puasa. Anda juga bisa membuat kegiatan mendongeng pada siang hari sehingga anak bisa lebih kuat menjalani puasa.

Beri Tahu Hal-Hal Menyenangkan saat Bulan Puasa

Memberi nasihat tentang kewajiban puasa bagi umat muslim yang sudah baligh tidak harus selalu dengan kalimat langsung. Namun, nasihat tersebut juga bisa Anda bungkus dengan informasi menyenangkannya berpuasa.

Seperti makan pada waktu sahur terasa ramai sebab adanya anak-anak yang menabuh kendang, dan sebagainya.

Buat Janji untuk Setiap Puasa yang Berhasil Dilakukan

Ajakan puasa pada anak secara tidak langsung juga bisa dengan membuat janji untuk setiap puasa yang berhasil hingga selesai

Anda bisa memberikan reward berupa makanan yang kesukaan untuk berbuka. Selain itu, bisa dengan memberikan hadiah ketika hari lebaran.

Ajak Anak Membaca atau Menonton Kartun yang Mengajak Berpuasa

Sebelum memasuki bulan puasa, nasihat agar anak mau bersemangat puasa juga bisa dengan mencari buku atau tontonan mendidik.

Melalui hal-hal kecil ini, anak-anak akan mulai bersemangat dengan inspirasi tontonan yang menyenangkannya ketika menyambut bulan ramadhan dan hari lebaran.

Baca Juga : Mengatasi Islamofobia pada anak, Orangtua Perlu Ajarkan hal ini

Jadikan Temannya yang Sudah Berpuasa sebagai Role Model

Tips lainnya dalam memberi nasihat agar anak mau berpuasa adalah mencontohkan. Biasanya, anak akan lebih semangat berpuasa ketika temannya juga melakukan hal sama.

Anda bisa menjadikan temannya yang sudah belajar berpuasa sebagai role model agar ikut untuk semangat berpuasa.

Itulah alternatif nasehat agar anak mau bersemangat puasa tanpa perlu memaksanya. Dalam menerapkan tips-tips di atas, pastikan untuk menyesuaikan dengan usia anak Anda. Jika sudah memasuki usia di atas 9 tahun, Anda bisa lebih tegas dalam memberi nasihat. 

Categorized in: