Anak Berpuasa Melatih Mental – Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadhan. Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga bagi kesehatan jiwa.

Ibadah yang satu ini dapat melatih mental anak yang kuat karena mereka harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama berjam-jam.

Tips Ajari Anak Sejak Dini untuk Terbiasa Melakukan Ibadah Puasa

anak berpuasa melatih mental
© pexels

Mengajari anak berpuasa tidaklah mudah. Anak-anak mungkin merasa kesulitan, bosan, atau tidak tertarik untuk berpuasa.

Oleh karena itu, orang tua perlu menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan efektif untuk mengajari anak berpuasa. Berikut adalah beberapa tipsnya :

Jelaskan Makna dan Tujuan Berpuasa

Anak-anak perlu memahami apa itu berpuasa dan mengapa mereka harus melakukannya. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana dan sesuai dengan usia mereka.

Berikan wawasan tentang keutamaan, manfaat, dan hikmah berpuasa. Ceritakan juga tentang kisah-kisah inspiratif tentang orang-orang yang berpuasa, seperti kisah para nabi, sahabat, atau tokoh-tokoh muslim.

Mulailah Secara Bertahap

Hindari memaksa anak untuk berpuasa sehari penuh. Mulailah dengan melatih mereka untuk berpuasa setengah hari, seperempat hari atau beberapa jam.

Tingkatkan durasi puasanya secara perlahan-lahan sampai mencapai satu hari penuh. Berikan anak waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kondisi berpuasa.

Libatkan Anak Dalam Persiapan Berpuasa

Ajak anak untuk terlibat dalam persiapan berpuasa misalnya, memilih menu sahur dan berbuka, membantu memasak, atau menyiapkan perlengkapan sholat. Dengan begitu, anak akan merasa lebih antusias dan termotivasi untuk berpuasa.

Selain itu, libatkan juga anak dalam kegiatan-kegiatan ibadah lainnya, seperti membaca Al-Quran, berdzikir, dan berdoa. 

Berikan Dukungan dan Apresiasi

Memberikan dukungan emosional penting saat mereka menahan lapar, haus, bosan, dan rasa kesal.

Ada beberapa contoh kegiatan distraksi untuk membantu mereka nyaman berpuasa seperti, bermain board games, jalan-jalan, atau membaca buku. Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi kepada anak saat mereka berhasil berpuasa, dengan cara memberikan pujian, hadiah, atau pelukan.

Jadikan Berpuasa Sebagai Kebiasaan 

Jangan biarkan anak berpuasa di bulan Ramadhan saja. Ajak anak untuk berpuasa pada hari-hari lainnya, seperti Senin-Kamis, Arafah, atau Asyura.

Dengan begitu, mereka akan terbiasa berpuasa dan merasakan manfaatnya. Anak pun akan lebih mudah berpuasa di bulan Ramadhan berikutnya karena sudah terlatih sebelumnya.

Baca Juga : 7 Tips Nasihat Agar Anak Semangat untuk Mau Berpuasa

Berpuasa bukan hanya persoalan menahan lapar dan dahaga, tetapi juga memiliki nilai filosofis untuk bisa mengontrol diri. 

Peran orang tua untuk mengajari anak berpuasa sangatlah penting agar anak dapat memahami makna dan tujuan berpuasa serta melatih mental anak yang kuat juga menumbuhkan kebiasaan beribadah sejak dini.

Categorized in: